Rabu, 12 Mei 2010

Kilasan Materi Semester 2-Suhu dan Kalor


Suhu ( Temperatur) adalah besaran yang menyatakan derajat panas atau dingin suatu benda atau sistem. Benda yang panas memiliki suhu yang tinggi dan benda yang dingin memiliki suhu yang rendah. Perubahan suhu dapat menyebabkan perubahan beberapa sifat fisik pada benda. Alat yang digunakan untuk mengukur suhu disebut termometer.
Ada beberapa macam suhu diantaranya yaitu, suhu curie, suhu debye, suhu fermi, suhu genting, suhu kritis, suhu neel, suhu peralihan, suhu peralihan antiferomagnetik, suhu spin. Skala yang digunakan untuk mengukur suhu dalam satuan SI adalah skala Celcius.


~ Pemuaian : Perubahan ukuran dari sampel (padat, cair, dan gas) jika temperaturnya diubah. Sampel bertambah dalam ukuran (ekspansi) jika suhunya dinaikkan / dipanaskan & menurun (kontraksi) jika didinginkan.

  • Zat Padat : Semeter besi batangan mengembang sekitar 1/100 mm pada kenaikan suhu sebesar 1` celcius. Rel kereta api sepanjang 1 km dapat mengembang sepanjang 50 cm di siang panas terik
  • Zat cair : Untuk setiap perubahan suhu tertentu, umumnya zat cair mengembang atau menyusut hingga seribu kali dibanding zat padat.
  • Gas : Gas lebih mudah dimampatkan dibanding zat cair & zat padat. Sebabnya, gas memiliki lebih banyak ruang antarpartikel.


~ kalor

Kalor : Satuan Energi yang mendekati 4,2 joule. Didefinisikan sebagai energi yang dibutuhkan untuk menaikkan suhu 1 gram dengan 1` celcius.

~Perambatan kalor
1) Konduksi (hantaran) :Kalor dipindahkan dari 1 sistem ke sistem lain melalui rambatan kalor di dalam sebuah penghantar/ konduktor dari ujung satu ke ujung lain.
2) Konveksi (Aliran) : Terjadi akibat adanya aliran partikel-partikel medium penghantar panas
3) Radiasi (pancaran) : Tidak memerlukan medium. Kalor dipancarkan ke segala arah tanpa perlu adanya penghantar.



~Azas Black : kalor yang dilepaskan oleh air panas. sama dengan kalor yang diterima air dingin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar