Jumat, 16 April 2010

Gelombang elektromagnetik

Nah gelombang elektromagnetik juga sering kita lihat dalam kehidupan kita . Seperti pada radio, kita sering mendengarkan lagu-lagu indah di radio, stasiun radio yang jauh dapat memperdengarkan suara musik dirumah saya melalui gelombang radio.

Gelombang radio dihasilkan oleh muatan-muatan listrik yang dipercepat melalui kawat-kawat penghantar. Muatan-muatan ini dibangkitkan oleh rangkaian elektronika yang disebut osilator. Gelombang radio ini dipancarkan dari antena dan diterima oleh antena pula . Luas daerah yang hendak dicakup dan panjang gelombang yang akan dihasilkan dapat ditentukan dengan tinggi rendahnya antena. Kita tidak dapat mendengar gelombang radio secara langsung, tetapi penerima radio akan mengubah terlebih dahulu energi gelombang menjadi energi bunyi.

nah , selain radio, dirumah saya juga ada oven . Oven ini juga dari proses gelombang mikro. Gelombang mikro adalah gelombang radio dengan frekuensi paling tinggi. Jika gelombang mikro diserap oleh sebuah benda, maka akan muncul efek pemanasan pada benda itu . Jika makanan menyerap radiasi gelombang mikro, maka makanan menjadi panas dalam waktu singkat. Proses inilah yang dimanfaatkan dalam microwave oven untuk memasak makanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar