Jumat, 16 April 2010

kaaalorrr

kalorr ? ?
kalor adalah sesuatu yang mengalir dari benda panas ke benda lebih dingin untuk menyamakan suhunya. Istilah "kalor" (bukan kolor ya :)) selalu mengacu pada energi yang berpindah dari satu benda ke benda lainnya karena perbedaan suhu . Begitu proses perpindahan energi ini berhenti maka kalor tidak lagi memiliki arti. Jadi, kalor bukanlah jumlah energi yang dikandung dalam suatu benda. karena itu, tidak tepatlah menyatakan bahwa suatu benda mengandung kalor.
Ada tiga cara perpindahan kalor yaitu konduksi, konveksi, dan radiasi.

Aplikasi kalor dalam bidang teknologi terdapat dirumah saya, yaitu lemari es, suatu mesin yang diantaranya mengubah air menjadi es. Aplikasi perpindahan kalor di alam juga dijumpai pada sirkulasi udara di pantai . Pada siang hari bertiup angin dari laut menuju ke darat, disebut angin laut. Dan malam hari bertiup angin dari darat ke laut, disebut angin darat.
Angin laut dan angin darat yang dimanfaatkan nelayan untuk berlayar mencari ikan terjadi melalui konveksi alami udara. Pada siang hari, tanah lebih cepat menjadi panas daripada laut sehingga udara diatas daratan lebih panas daripada udara diatas laut. Oleh karena itu, udara diatas daratan naik dan tempatnya digantikan oleh udara diatas laut, terjadilah angin laut.
Pada malam hari, tanah lebih cepat dingin daripada laut sehingga udara diatas daratan lebih dingin daripada udara diatas laut. Oleh karena itu, udara diatas laut naik dan tempatnya digantikan oleh udara diatas daratan, terjadilah angin darat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar