Jumat, 16 April 2010

suhuu ? ? ?

Suhu ? ? apa itu suhu ? ? (anak SD juga bisa jawab ~.~ ) .
yaappps Suhu itu adalah derajat panas atau dinginnya suatu benda .Alat unutuk mengukur suhu adalah termometer dengan satuan pokoknya adalah Kelvin (K) . hemm , suhu juga ada sangkut pautnya dengan kalor loh . eh eh tapi sebelum membahas itu , kita tinjau secara singkat riset di kehidupan kita mengenai "suhu" . ok .

suhu, suhu ,suhu , suhu di palangkaraya aja sudah cukup tinggi nih di siang hari karena sudah masuk bulan April saatnya perubahan suhu menjadi panas, hemm , asal suhu hati kita ga ikut sering panas aja ya, hhe . ya walaupun malamnya masih dingin dan sering hujan atau bersuhu rendah .
mengenai sebuah perpindahan energi pada suhu , lebih singkatnya kita melihat dari yang satu ini .
Nah , ketika saya sedang menuangkan air panas ke dalam gelas untuk membuat susu , nah punya saya indomilk (promosi :)) , sehabis itu ,ketika diaduk saya lalu tuangkan air dingin (bener ga ya cara buat susunya :)).
gelas yang pertama dituangkan air panas mempunya suhu tinggi , dan ketika beberapa saat gelas lalu dituangkan air dingin (suhu rendah) .
nah , kalau dari hal ini , saya bisa membuktikan adanya sebuah perpindahan energi, dari yang bersuhu tinggi (air panas) ke bersuhu lebih rendah.


Dan energi yang berpindah itulah yang disebut dengan kalor .
untuk kalor, saya akan tulis riset berikutnya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar